Skip to toolbar

Ini Dia Beasiswa untuk Jenjang Kuliah S1, 2020-2021

Banyak jalan untuk mewujudkan cita-cita. Artinya, Anda tidak perlu takut tidak punya cukup dana atau biaya untuk melanjutkan kuliah karena kondisi keuangan keluarga atau orangtua Anda yang kurang. Banyak sekali lembaga, baik negeri maupun swasta, yang siap mengucurkan beasiswa untuk membantu Anda mewujudkan cita-cita.

Berikut ini adalah daftar beberapa beasiswa yang bisa Anda dapatkan:

Beasiswa S1 Bidik Misi
Program Bidik Misi merupakan salah satu beasiswa S1 yang rutin ditawarkan. Beasiswa ini menyasar bagi lulusan SLTA dari keluarga kurang mampu yang berminat melanjutkan studi S1. Setiap tahun penerima beasiswa Bidik Misi cukup besar. Sekitar 90 ribu mahasiswa dan kemungkinan bertambah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Biasanya Beasiswa Bidik Misi ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Info Pendaftaran » Beasiswa Bidikmisi S1

Beasiswa PPA – BPP PPA
Beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) disediakan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa PPA dan BPP PPA ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air.

Penerima beasiswa PPA – BPP PPA akan mendapatkan Rp 400 ribu per bulan yang diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan.

Info Pendaftaran » Beasiswa PPA dan BPP PPA

Beasiswa S1 Etos
Beastudi Etos ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat dan akan masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM jalur reguler. Selain menyediakan bantuan biaya pendidikan selama delapan semester (4 tahun), beasiswa yang dikelola Dompet Dhuafa ini juga memberikan uang saku, asrama mahasiswa selama tiga tahun, pembinaan selama empat tahun (program persiapan pasca kampus di tahun ke empat), sertai bantuan biaya penelitian skripsi.

Fasilitas yang didapat juga mencakup support prestasi dalam dan luar negeri, serta pembuatan paspor.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 Etos

Beasiswa S1 Monbukagakusho
Peminat beasiswa S1 Pemerintah Jepang ini juga cukup tinggi. Monbukagakusho. Penerimaan 2020 baru saja diumumkan beberapa waktu lalu. Dalam beberapa tahun ini beasiswa tersebut rutin ditawarkan, dan tampaknya akan kembali tersedia di 2020 – 2021.

Beasiswa Monbukagakusho ditujukan bagi lulusan SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan diploma (D2, D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa tersebut menyediakan pendanaan penuh untuk studi di Jepang. Biasanya beasiswa ini ditawarkan awal Mei.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 Monbukagakusho Jepang

Beasiswa S1 OTS
Orange Tulip Scholarship atau Beasiswa OTS adalah salah satu beasiswa Belanda yang rutin ditawarkan. Beasiswa ini selain menyediakan beasiswa pascasarjana, juga tersedia beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Beasiswa OTS untuk S1 dibuka kembali untuk tahun akademik 2020 – 2021.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 OTS

Beasiswa Sarjana Sea
Beasiswa Sarjana Sea merupakan wujud komitmen Sea untuk memberikan timbal balik kepada komunitas dengan memberdayakan generasi muda melalui edukasi. Beasiswa Sarjana Sea memberi kesempatan bagi kandidat-kandidat terbaik untuk memperoleh beasiswa full jenjang S1 mulai dari semester 1 hingga 8.

Di periode kali ini tidak hanya beasiswa S1 untuk mahasiswa baru atau yang baru duduk di tahun pertama kuliah, tapi beasiswa S1 Sea juga ditujukan bagi mahasiswa yang sudah berada di tahun terakhir studi.

Info Pendaftaran » Beasiswa Sarjan (S1) Sea

Beasiswa S1 Tanoto Foundation
Peluang beasiswa S1 2020 – 2021 lainnya berasal dari Tanoto Foundation. Program beasiswa ini cukup rutin ditawarkan. Pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup. Pengumuman biasanya awal November.

Info Pendaftaran » Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa S1 BCA Finance
Beasiswa BCA Finance salah satu program beasiswa S1 yang disediakan bagi mahasiswa di Indonesia. Kelebihannya, beasiswa terbuka untuk seluruh mahasiswa PTN/PTS di tanah air. Jika Anda sudah menginjak semester II ke atas , beasiswa ini patut dicoba. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah.

Pendaftaran biasanya dibuka awal September dan cukup rutin. Mudah-mudahan saja beasiswa BCA Finance ini kembali tersedia di 2020 – 2021.

Info Pendaftaran » Beasiswa BCA Finance

Beasiswa S1 YVDMI
Peluang beasiswa D3 dan S1 dalam negeri ini juga ditujukan bagi Anda yang berstatus sebagai mahasiswa. Nama sebelumnya Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) Scholarship. Sekarang berganti beasiswa YVDMI. Beasiswa ini rutin ditawarkan kepada mahasiswa D3 dan S1 dari universitas dan perguruan tinggi mitra VDMS. Ada sekitar 36 universitas mitra beasiswa VDMS. Misalnya saja UGM, ITB, IPB, ITS, Unpad, Unair, dll.

Penerima beasiswa akan memperoleh dana pendidikan setiap bulan yang dibayarkan ke rekening pribadi, diberikan satu kali Bonus TOEFL, dan Bonus Lulus Tepat Waktu, serta mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building).

Info Pendaftaran » Beasiswa VDMS untuk D3, S1

Beasiswa S1 Jardine
Program beasiswa Jardine ditawarkan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S1 di University of Oxford dan University of Cambridge, Inggris. Sasarannya adalah lulusan SMA/sederajat, salah satunya pelamar dari Indonesia. Program beasiswa ini ditawarkan Jardine Foundation (Jardine Matheson Group) untuk calon-calon pemimpin masa depan di negara-negara Asia.

Selain biaya kuliah penuh program S1, penerima beasiswa juga berhak mendapatkan tunjangan tahunan untuk menutupi biaya makan, penginapan, serta semua biaya insindentil lainnya.

Info pendaftaran » Beasiswa Jardine di Oxford dan Cambridge

Beasiswa S1 CSR Pembangunan Jaya
Yayasan Marga Pembangunan Jaya melalui Beasiswa CSR Pembangunan Jaya membuka kesempatan beasiswa S1 bagi mahasiswa aktif di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Beasiswa CSR Pembangunan Jaya dapat dilamar oleh mahasiswa dari 15 universitas yang menjadi mitra dari Yayasan Marga Pembangunan Jaya maupun mahasiswa dari PTN/PTS lainnya yang terakreditasi minimal B.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 CSR Pembangunan Jaya

Beasiswa S1 Pemerintah Brunei
Salah satu beasiswa luar negeri yang menawarkan studi S1 diberikan Pemerintah Brunei Darussalam. Penilaian beasiswapascasarjana.com beasiswa tersebut tersedia tiap tahun dan mudah-mudahan kembali tersedia di 2020 – 2021.

Beasiswa S1 dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, seperti  Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Biasanya pendaftaran awal November.

Info Pendaftaran » Beasiswa Brunei Darussalam

Beasiswa S1 Ancora – Khazanah
Jika selama ini rutin tersedia, Beasiswa S1 Ancora – Khazanah kemungkinan bakal kembali hadir untuk 2020 – 2021. Skemanya Ancora-Khazanah Asia Scholarship Program. Beasiswa S1 ini kemungkinan akan buka lagi sekitar Oktober atau November. Sasarannya adalah bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan S1 di universitas-universitas terbaik di Malaysia.

Beasiswa diberikan penuh dan menanggung sebagian besar kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket, dll.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 Ancora – Khazanah

Beasiswa Mizan
Tawaran beasiswa S1 yang juga rutin diberikan adalah Beasiswa Mizan. Lebih spesifiknya beasiswa ini ditujukan bagi Anda yang tengah mempersiapkan menyelesaikan skripsi, tesis, atau disertasi kuliah.

Beasiswa tugas akhir tersebut disediakan dalam bentuk bantuan dana penelitian. Yang menarik, karya tulis yang dihasilkan juga berpeluang untuk diterbitkan.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 Mizan

BeasiswaADik Ristekdikti
Beasiswa ADik menyasar siswa lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di tanah air, baik PTN maupun PTS.  Beasiswa ADik sendiri merupakan program beasiswa khusus yang menyasar lulusan-lulusan SLTA yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), kemudian Papua dan Papua Barat, serta anak-anak TKI dari wilayah perbatasan.

Penerima beasiswa ADik akan memperoleh biaya pendidikan, biaya hidup, serta pembinaan atau pembimbingan belajar secara khusus agar mahasiswa peserta program beasiswa ADik bisa menyelesaikan pendidikan tinggi dengan tuntas dengan hasil yang baik.

Info Pendaftaran » Beasiswa S1 ADik Ristekdikti

Sumber: BeasiswaPascaSarjana

 120 views,  1 today